Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber sejarah kerajaan sriwijaya berupa prasasti

Sumber sejarah kerajaan sriwijaya berupa prasasti 

Selamat datang teman-teman saya akan memberikan informasi membahas tentang sejarah Kerajaan Sriwijaya yang terbesar di Indonesia yang meninggalkan banyak budaya. Sejarah Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar di Indonesia, bahkan terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini karena letaknya yang sangat strategis sehingga menyebabkan banyak para pedagang yang singgah di Sriwijaya ketika melewati kerajaan ini. Kerajaan ini berdiri sekitar abad 7 M serta bercorak agama Buddha.

Kerajaan Sriwijaya

Sumber sejarah dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Sumber sejarah dari dalam negeri berupa prasasti, antara lain Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuo, Prasasti Kota kapur, Prasasti Karang Berahi, dan Prasasti Palas Pasemah. Untuk sumber sejarah luar negeri berasal dari berbagai negeri, seperti Cina, India, dan bahkan Arab.

Sumber ini berupa berita dan catatan perjalanan. Sumber berita luar negeri misalnya dari Dinasti Sung Cina. Sedangkan catatan perjalanan misalnya berasal dari pendeta Cina yang bernama I-Tsing saat mengunjungi Kerajaan Sriwijaya. Berdasarkan sumber-sumber di atas, maka dapat diperoleh berbagai keterangan mengenai Kerajaan Sriwijaya baik dari segi kehidupan politik, kehidupan ekonomi, maupun kehidupan sosial.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Sumber sejarah kerajaan sriwijaya berupa prasasti"