Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem pemerintahan dan ilmu pengetahuan jaman Hindu-Buddha

Sistem pemerintahan dan ilmu pengetahuan jaman Hindu-Buddha 

Selamat berjumpa lagi kawan-kawan masih dengan saya yang selalu bercerita tentang sejarah di negara Indonesia, kali ini membahas tentang sejarah Hindu-Buddha yang berkembang di Indonesia. Dengan sedikit artikel ini semoga bermanfaat bagi kawan-kawan saya akan membahas perkembangan sistem pemerintahan dan ilmu pengetahuan.

a. Sistem pemerintahan.

Sistem pemerintahan di Indonesia yang mendapat pengaruh Hindu-Buddha adalah pemerintahan kerajaan di Indonesia. Sebelumnya di Indonesia hanya ada koloni-koloni yang dipimpin oleh kepala suku. Sistem kerajaan dipimpin oleh raja yang diwariskan secara turun-temurun.

Raja diibaratkan sebagai seorang dewa atau keturunan dewa. Sehingga posisi raja sangat dihormati. Sebagai contoh pengibaratannya adalah Raja Raden Wijaya dari Kerajaan Majapahit yang diibaratkan sebagai Harihara (penggabungan Dewa Syiwa dan Wisnu) dan Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari yang diibaratkan sebagai Bairawa.

Sistem ajaran Hindu-Buddha

b. Ilmu pengetahuan.

Wujud akulturasi budaya Hindu-Buddha di Indonesia misalnya adalah sistem penanggalan. Di Indonesia muncul penanggalan tahun Saka. Tahun ini terdiri dari 365 hari dan berselisih 78 tahun lebih muda dari tahun Masehi. Jadi, perhitungan dalam tahun Saka tinggal ditambah 78 tahun jika mau diubah dalam tahun Masehi.

Asal mula tahun Saka sangat berhubungan dengan cerita ''Aji Saka'' yang juga menghasilkan aksara Jawa. Selain itu muncul penanggalan Saka dengan Candra Sangkala. Candra Sangkala adalah susunan kalimat atau gambar yang dapat dibaca sebagai tahun Saka. 

Post a Comment for "Sistem pemerintahan dan ilmu pengetahuan jaman Hindu-Buddha"