Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajaan kutai mempunyai beberapa program bidang

Kerajaan kutai mempunyai beberapa program bidang 

Selamat datang teman-teman masih dengan saya yang selalu memberikan informasi dengan sejarah-sejarah yang berada di Indonesia peninggalan masa lampau. Kali ini saya akan membahas dengan sejarah berdirinya Kerajaan Kutai di Indonesia yang masih meninggalkan sejarah.

Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur dan merupakan kerajaan tertua yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Kutai muncul sekitar abad 5 M atau sekitar tahun 400 Masehi. Keberadaan Kerajaan Kutai dapat diketahui dari sumber berupa tulisan pada batu yang berbentuk tiang yang disebut dengan Prasasti Yupa. Prasasti Yupa ini diketahui berjumlah tujuh buah dan menggunakan bahasa Sanskerta serta huruf Pallawa. 

Upacara adat Vratyastoma masa Kerajaan Kutai

a. Bidang Politik.

Dalam bidang politik, Kerajaan Kutai memiliki tiga pemerintah raja, yaitu pemerintahan Raja Kudungga, pemerintahan Raja Aswawarman, dan pemerintahan Raja Mulawarman. Ketiga raja ini dapat diketahui dalam Prasasti Yupa. Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman.

Hal ini juga dikisahkan dalam Prasasti Kutai. Sedangkan Aswawarman yang merupakan ayah dari Mulawarman dijadikan sebagai pendiri keluarga raja (Wangsakerta) dan disebut Ansuman (Dewa Matahari). Kudungga sendiri hanya dianggap sebagai kepala suku sebelum berdirinya Kerajaan Kutai. Nama Kudungga juga dianggap nama asli Indonesia sebelum mendapat pengaruh dari India.

b. Bidang Sosial.

Dalam bidang sosial, dikisahkan terjadi hubungan yang harmonis antara kerajaan dengan kaum brahmana. Dalam Prasasti Yupa diceritakan bahwa Raja Mulawarman memberi sedekah berupa 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana di tanah suci yang bernama Waprakeswara. Waprakeswara sendiri merupakan tanah suci untuk menyembah Dewa Syiwa. Dari sini dapat diketahui bahwa aliran Hindu Syiwa dianut di Kerajaan Kutai.

c. Bidang Ekonomi.

Pada bidang ekonomi, tidak ada sumber khusus yang membahasnya. Namun dapat disimpulkan jika kehidupan ekonomi Kerajaan Kutai tergolong baik bukti sedekah 20.000 ekor sapi sang raja. Bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan merupakan mata pencaharian rakyat di Kerajaan Kutai.

d. Bidang Kebudayaan.

Bidang budaya terlihat dari pelaksanaan upacara Vratyastoma. Vratyastoma merupakan upacara adat yang dilakukan kerajaan untuk pemberkatan para pemeluk agama Hindu. Setiap penduduk yang ingin memeluk agama Hindu harus melalui upacara ini. Upacara ini dilakukan sejak masa Raja Aswawarman. Hal ini menandakan bahwa budaya Kerajaan Kutai dapat dibilang maju.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Kerajaan kutai mempunyai beberapa program bidang"