Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa candi peninggalan kerajaan mataram kuno

Beberapa candi peninggalan kerajaan mataram kuno 

Selamat datang teman-teman masih dengan saya yang selalu membagikan informasi tentang sejarah yang berada di Indonesia. Saya akan membahas sejarah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang berada di Jawa yang bercorak agama Hindu-Budha.

Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan perintis keberadaan raja-raja dari kerajaan-kerajaan di Jawa berikutnya dengan corak agama Hindu-Buddha. Kerajaan ini terletak di Jawa Tengah, tetapi pada perkembangannya pusat kerajaan dipindahkan ke Jawa Timur.

Candi Borobudhur

Candi Borobudur peninggalan Kerajaan Mataram

Daerahnya di Jawa Tengah subur, dikelilingi pegunungan dan di tengahnya banyak sungai-sungai mengalir, seperti Sungai Progo, Sungai Bogowonto, Sungai Elo, dan Sungai Bengawan Solo. Hal ini menjadikan keadaan rakyat Mataram Kuno menjadi makmur dan sejahtera.

Sumber sejarah Mataram Kuno diperoleh dari Prasasti Cangkal, Prasasti Kalasan, Prasasti Mantyasih, dan Prasasti Klurak. Dalam Prasasti Cangkal disebutkan bahwa pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Mataram Kuno adalah Ratu Sanjaya. Sedangkan puncak kejayaan Kerajaan Mataram Kuno pada masa pemerintahan Rakai Balitung.

Kerajaan ini banyak mendirikan bangunan-bangunan candi yang juga dapat dijadikan sebagai sumber-sumber sejarah. Di Jawa Tengah terdapat Candi Dieng, Candi Gedong Songo, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Plaosan, Candi Prambanan, Candi Sambi Sari, dan bayak candi-candi yang lain. Candi tersebut ada yang bercorak Hindu dan ada pula yang bercorak Buddha.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Beberapa candi peninggalan kerajaan mataram kuno"