Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aspek bidang kehidupan zaman Kerajaan Tarumanegara

Aspek bidang kehidupan zaman Kerajaan Tarumanegara 

Kali ini saya akan membahas sejarah Kerajaan Tarumanegara berdasarkan sumber-sumber yang didapat maka dapat diketahui berbagai aspek bidang kehidupan di Kerajaan Tarumanegara. Berikut uraian mengenai aspek-aspek kehidupan di Kerajaan Tarumanegara.

a. Bidang Politik.

Kerajaan Tarumanegara mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Purnawarman. Pusat pemerintahannya berada di Bogor. Hal ini terbukti dari banyaknya prasasti yang ditemukan di Bogor. Wilayah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara meliputi hampir seluruh Jawa Barat. Pada masa Raja Purnawarman terjadilah hubungan diplomatik dengan Cina. Hubungan diplomatik mencakup perdagangan dan pelayaran.

Perdagangan dan pelayaran zaman kerajaan

b. Bidang Ekonomi.

Perekonomian di Kerajaan Tarumanegara meliputi bidang pertanian, pelayaran, perdagangan, perburuan, dan perikanan. Hal ini dapat dibuktikan dari barang-barang perdagangan Kerajaan Tarumanegara yang meliputi gading gajah, cula badak, dan kulit penyu. Sedangkan pelayaran dapat dibuktikan dari hubungan dengan Cina.

c. Bidang Sosial.

Dengan adanya kehidupan ekonomi yang mencukupi, maka kehidupan sosial masyarakatnya pun tergolong cukup baik. Kerja sama antar masyarakat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sikap toleransi pun sudah berjalan. Oleh karena itu terjalin kehidupan yang harmonis.

d. Bidang Budaya.

Post a Comment for "Aspek bidang kehidupan zaman Kerajaan Tarumanegara"