Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajaan Majapahit terbesar kedua di Indonesia

Kerajaan Majapahit terbesar kedua di Indonesia  

Selamat datang teman-teman semoga masih sehat selalu di dalam lindunganNya amin.....Kali ini saya akan membahas tentang keadaan atau sejarah pada jaman kerajaan di Indonesia. Saya akan memberikan informasi tentang Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya yang berhasil meloloskan diri dari pemberontakan Jayakatwang. Dia kemudian membuka hutan dan mendirikan kerajaan yang bernama Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar kedua yang pernah ada di Indonesia setelah Kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Gambar Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit

Sumber dalam negeri Kerajaan Majapahit sebagian besar diperoleh dari kitab-kitab antara lain Kitab Pararaton yang menceritakan silsilah raja Kerajaan Singasari sampai Kerajaan Majapahit, Kitab Negarakertagama yang dibuat Empu Prapanca tahun 1365 menceritakan Majapahit dan jajahannya serta perjalanan Hayam Wuruk, Kitab Sundayana menceritakan Perang Bubat, dan Kitab Usaha Jawa menceritakan penakluk Pulau Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar.

Kitab-kitab tersebut sebagian besar dibuat pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit, yaitu pada masa pemerintahan Hayam Wuruk di mana sastra berkembang dengan pesat. Selain sumber dari dalam negeri ada pula sumber dari luar negeri.

Sumber dari luar negeri sebagian besar berasal dari berita-berita Cina. Sumber dari Cina antara lain berasal dari catatan Dinasti Ming (1368-1643 M) dan catatan Ma-Huan yang dibukukan dengan judul Ying Yai, menceritakan tentang keadaan kota di Majapahit dan keadaan masyarakatnya.

Ada juga berita dari Portugis tahun 1518 M yang mengisahkan perdagangan di Kerajaan Majapahit. Selain dari kitab dan berita luar negeri yang ada sumber informasi Kerajaan Majapahit juga dapat diperoleh dari peninggalan-peninggalan bangunan, seperti candi, pintu gerbang kerajaan, tempat pemandian, dan Kota Trowulan yang merupakan ibukota kerajaan yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Bangunan-bangunan tersebut dapat dijadikan sebagai jejak-jejak sejarah kerajaan yang pernah berdiri.

Baca selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Kerajaan Majapahit terbesar kedua di Indonesia "