Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjajah perancis

Penjajah perancis 

Abad ke-16 hingga beberapa tahun pertama setelah Perang Dunia II adalah masa dimana bangsa-bangsa Eropa mendominasi muka bumi dan mengalami masa kejayaan. Berawal dari penaklukan Konstantinopel oleh Kesultanan Ottoman pada 1453 dan politik reconquesta Spanyol dan Portugal, bangsa-bangsa Eropa menyeberangi lautan dan menemukan berbagai wilayah yang kaya akan barang-barang berharga seperti rempah-rempah, emas, berlian, timah, dan sebagainya.

Pada mulanya, mereka hanya ingin mempermudah perdagangan dengan bangsa lain. Lama-kelamaan, mereka memonopoli bahkan menguasai wilayah-wilayah tersebut. Tercatat bangsa-bangsa Eropa yang pernah menjajah negara lain adalah Inggris, Belanda, Spanyol, Portugal, Italia, Belgia, dan Prancis. Meskipun berstatus negeri penjajah, ada juga yang sempat merasakan dijajah oleh negara lain.

Penjajah perancis

Berikut adalah 4 Negara Penjajah Yang Pernah Dijajah :

1. Belanda

Kita mulai dari negeri yang pernah berhubungan lama dengan Nusantara. Ya, benar sekali. Belanda, sebuah negara kecil yang terletak di Eropa Barat Luat. Negara ini sangat dikenal di Indonesia karena sempat menguasai seluruh bumi Nusantara selama 37 tahun antara 1905 sampai 1942 (344 tahun secara keseluruhan dan bertahap, dihitung sejak penaklukan Jayakarta oleh pasukan J.P.Coen pada 1619 hingga saat Belanda resmi angkat kaki dari Papua pada 1 Mei 1963). Negara ini jauh lebih kecil dibandingkan negara Eropa penjajah lainnya. 

Bahkan, Belanda pernah dijajah sampai 3 kali. Pertama, Belanda (yang terdiri atas Belanda, Belgia, Luksemburg, Prancis Utara sekarang) pernah berada di bawah kekuasaan Spanyol yang diperintah oleh Wangsa Hapsburg pada abad ke-16. Belanda, di bawah pimpinan William Van Oranje, bahkan harus berperang melawan Spanyol selama 82 tahun dari 1648 agar dapat merdeka (Dikenal sebagai Perang 80 Tahun).

Sekitar satu abad berselang, yaitu pada akhir abad ke-18, Belanda jatuh ke tangan Prancis di bawah Napoleon Bonaparte. Napoleon mengangkat sang adik, Louis Napoleon, sebagai raja Belanda. Louis Napoleon lah yang membuat Herman Willem Daendels datang dan berkuasa di Jawa. Setelah Napoleon kalah, Belanda kembali merdeka pada 1813 dan Kerajaan Belanda didirikan pada 1815.

Belanda pun pada masa ini semakin memantapkan kekuasaannya di Nusantara meski lebih dari separuh wilayahnya memisahkan diri dan membentuk Belgia pada 1830. Pada 10 Mei 1940, Belanda kembali ditaklukan negara asing untuk ketiga kalinya. Kali ini Belanda dijajah oleh Jerman di bawah Adolf Hiter. Belanda akhirnya dibebaskan sekutu pada 1945. Satu hal yang menarik adalah Belanda memberikan penghormatan kepada Raja Spanyol dalam lagu kebangsaannya.

2. Belgia

Belgia adalah negara yang dulunya termasuk dalam kerajaan Belanda. Belgia terbentuk pada 1830 sebagai hasil perang Kemerdekaan Belgia. Belgia pernah memiliki sebuah negara jajahan di Afrika, yaitu Kongo yang menghasilkan banyak minyak palem. Belgia (saat masih menjadi bagian dari Belanda) pernah dijajah oleh Spanyol dan Prancis. Belgia juga dijajah Jerman pada masa Perang Dunia II.

3. Prancis

Selanjutnya kita turun sedikit dan mampir di negeri romantis di Eropa ini. Prancis pernah menguasai banyak negara, terutama di Afrika, meskipun imperiumnya tidak sebesar Inggris. Prancis pernah pula menguasai daratan Eropa di bawah Napoleon. Di Asia Tenggara, koloni prancis adalah Indocina (Vietnam, Kamboja, dan Laos). Prancis pun pernah merasakan menjadi negara jajahan yaitu saat prancis diduduki oleh Jerman antara Juni 1940 sampai 1944.

4. Amerika Serikat

Sang negara superpower ini pernah pula menguasai beberapa negara. Salah satu negara yang pernah dikuasai AS adalah Filipina yang direbut dari Spanyol pada Perang Spanyol-Amerika 1898 dan berada dalam genggaman AS hingga 3 Juli 1946. Amerika Serikat berdiri pada 4 Juli 1776 setelah berhasil mengalahkan tentara Kerajaan Inggris dalam Perang Revolusi Amerika.

Wilayah AS saat merdeka pun tidak seluas sekarang. Hanya mencakup 13 koloni Inggris yang menjadi 13 negara bagian pertama AS yaitu Connecticut, Delaware, Georgia, Maryland, Massachusets, New Hampshire, New York, New Jersey, North Carolina, South Carolina, Pennsylvania, Rhode Island, dan Virginia. 37 negara bagian lainnya adalah hasil pemekaran dari negara bagian di atas, pembelian wilayah dari negara lain, dan ekspansi ke wilayah barat serta seberang lautan.