Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perdana Menteri India asal Partai Kongres

Perdana Menteri India asal Partai Kongres

Jawaharlal Nehru (1947-1964).

Lahir 14 November 1889 – meninggal 27 Mei 1964 pada umur 74 tahun. merupakan negarawan India yang pertama (dan yang paling melayani terlama) sebegai perdana menteri India dari tahun 1947 sampai 1964. Sebagai tokoh terkemuka dalam kemerdekaan gerakan kemerdekaan India, Nehru terpilih oleh Partai Kongres untuk memangku  jabatan Perdana Menteri independen India yang pertama, dan terpilih kembali saat Partai Kongres memenangkan pemilihan umum pertama India pada tahun 1952.

Sebagai salah satu pendiri Gerakan Nonblok, dia juga seorang tokoh penting dalam politik internasional di era pasca-perang. Dia sering disebut Pandit Nehru. Sebagai putra seorang pengacara dan politikus asal India yang kaya, Motilal Nehru, Nehru menjadi seorang pemimpin sayap kiri Kongres Nasional India saat masih cukup muda. 

Kenaikan pangkat untuk menjadi Presiden Kongres, di bawah bimbingan dari Mahatma Gandhi, Nehru adalah seorang pemimpin karismatik dan radikal, menganjurkan kemerdekaan penuh dari Kerajaan Inggris.

Dalam perjuangan yang panjang untuk kemerdekaan India, di mana ia menjadi juru kunci, Nehru akhirnya diakui sebagai pewaris politik Gandhi. Nehru juga menjadi sektor publik sebagai sarana yang ditantang lama dari pengembangan perekonomian dapat diatasi oleh negara-negara miskin. Kebijakan ekonomi.

Nehru memimpin pengenalan modifikasi, perencanaan negara dan kontrol atas ekonomi versi India. Menciptakan Komisi Perencanaan India, Nehru pun membuat Rencana Lima Tahun pada tahun 1951, yang memetakan investasi pemerintah dalam industri dan pertanian. 

Meningkatkan usaha dan penghasilan pajak, Nehru membayangkan sebuah ekonomi campuran di mana pemerintah akan mengelola industri strategis seperti pertambangan, listrik dan industri berat, melayani kepentingan umum serta cek untuk perusahaan swasta. Nehru mengejar redistribusi tanah dan meluncurkan program-program untuk membangun saluran irigasi, bendungan dan menyebarkan penggunaan pupuk untuk meningkatkan produksi pertanian.

Dia juga memelopori serangkaian program pengembangan masyarakat yang ditujukan untuk menyebarkan pemberagaman industri pondok dan meningkatkan efisiensi ke pedesaan India. Sambil mendorong pembangunan bendungan besar (yang Nehru sebuat sebagai "candi baru dari India") karya irigasi, dan generasi listrik tenaga hidroelektrisitas, Nehru juga meluncurkan program India untuk memanfaatkan energi nuklir.Untuk sebagian besar dari jangka waktu Nehru sebagai perdana menteri, India akan terus menghadapi kekurangan pangan serius meskipun adanya kemajuan dan peningkatan produksi pertanian.

Kebijakan industri Nehru diringkas dalam Kebijakan Industri Resolusi tahun 1956, mendorong pertumbuhan manufaktur beragam dan industri berat, namun perencanaan, pengawasan dan peraturan negara mulai merusak produktivitasnya, kualitasnya serta profitabilitasnya. Meskipun ekonomi India mulai memasuki tingkat pertumbuhan stabil, pengangguran dan kemiskinan kronis di tengah-tengah terus meluas dan menjadi wabah penduduk.


Pendidikan dan sosial.

Jawaharlal Nehru adalah seorang advokat yang amat peduli pada pendidikan bagi anak-anak dan remaja India, kepercayaan itu penting untuk kemajuan masa depan India. pemerintahan-Nya mengawasi pembentukan banyak institusi pendidikan tinggi, termasuk Segenap Lembaga India Ilmu Kedokteran, Institut Teknologi India and the Institut Managemen India. Nehru juga menjelaskan komitmen dalam rencana lima tahun untuk menjamin pendidikan dasar gratis dan wajib untuk semua anak-anak India. 

Dengan tujuan tersebut, Nehru dapat mengawasi pembuatan program pendaftaran warga desa serta pembangunan ribuan sekolah. Nehru juga meluncurkan inisiatif seperti penyediaan susu gratis dan makanan untuk anak-anak untuk memerangi kekurangan gizi. Pusat pendidikan orang dewasa, sekolah kejuruan dan teknik juga diselenggarakan untuk orang dewasa, terutama di daerah pedesaan.

Menurut Nehru, Parlemen India mengalami banyak perubahan yang berlaku untuk hukum kriminalisasi diskriminasi kasta Hindu dan meningkatkan hak-hak hukum dan kebebasan sosial perempuan. Sistem reservasi pada layanan pemerintah dan lembaga pendidikan diciptakan untuk membasmi ketidakadilan sosial dan kerugian yang dihadapi oleh masyarakat dari kasta terendah dan suku terbelakang. Nehru juga memperjuangkan sekularisme dan keharmonisan beragama, meningkatkan representasi minoritas dalam pemerintahan.

Lal Bahadur Srivastava Shastri (1964-1966).

Lahir di Mughalsarai, Raj Britania, 2 Oktober 1904 - meninggal di Tashkent, RSS Uzbekistan, Uni Soviet, 11 Januari 1966 pada umur 61 tahun) adalah seorang politikus India. Dia menjabat sebagai Perdana Menteri India dari 9 Juni 1964 sampai kematiannya pada 11 Januari 1966 akibat serangan jantung yang dideritanya di Tashkent, Uzbekistan, Uni Soviet, dan merupakan satu-satunya Perdana Menteri India yang meninggal di kantor luar negeri. Dia juga menjabat sebagai tokoh penting dalam gerakan kemerdekaan India.

Indira Priyadarshini Gandhi.

Lahir di Allahabad, UP, India, 19 November 1917 - meninggal 31 Oktober 1984 pada umur 66 tahun) adalah Perdana Menteri India pada periode 19 Januari 1966 - 24 Maret 1977 dan berlanjut pada 14 Januari 1980 hingga ia mengalami pembunuhan pada 31 Oktober 1984.

Sebagai anak Perdana Menteri India yang pertama Jawaharlal Nehru dan ibu dari Rajiv Gandhi, Indira Gandhi merupakan seorang wanita yang penuh gejolak dan sangat kontroversial sebagai pimpinan partai politik dan politik negaranya. Pada 19 Januari 1966, ia terpilih sebagai Ketua Partai Kongres untuk menggantikan Lal Bahadur Shastri. Indira kemudian tewas dalam sebuah aksi penembakan pada 1984.

Rajiv Ratna Gandhi.

Lahir di Mumbai, MH, India, 20 Agustus 1944 - meninggal di Sriperumbudur, TN, 21 Mei 1991 pada umur 46 tahun) adalah anak tertua Indira dan Feroze Gandhi. Rajiv adalah Perdana Menteri India yang keenam dan ketiga dari seluruh keluarganya, mulai dari ibunya yang meninggal pada 31 Oktober 1984 hingga ia menggantikan pada 2 Desember 1989 melalui pemilihan (a general election defeat). Ia menjabat Perdana Menteri India ketika berusia 40 tahun, sehingga ia tampil sebagai yang paling muda saat menduduki jabatan perdana menteri.

Rajiv Gandhi ialah putra Indira Gandhi, dan Rajiv Gandhi menikah dengan Sonia Gandhi. Ia dibunuh oleh separatis Tamil dari Sri Lanka, Thenmuli Rajaratnam yang saat itu mengalungkan rangkaian bunga ke lehernya yang ternyata berisi bom.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :