Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertempuran Jepang terhadap sekutu di laut

Pertempuran Jepang terhadap sekutu di laut 

Menurut perhitungan Jepang, Filipina dapat direbut dalam tempo 50 hari, kenyataannya sampai 150 hari. Jenderal Masaharu Homma repot menghadapi pasukan Amerika dan Filipina di bawah Jenderal Douglas Mac Arthur. Untuk menyusun pertahanan baru di Pasifik Barat Daya dan Australia, Presiden Roosevelt memerintahkan Mac Arthur mundur.

Sebelum meninggalkan Filipina ia mengucapkan janjinya yang terkenal I shall return. Anak buahnya bertempur terus di Bataan dan Corrigidor dengan korban yang tidak sedikit. Sementara itu Jenderal Yamashita dengan mudah merebut Malaya dan masuk Singapura, sehingga kota pertahanan yang paling dibanggakan Inggris di bawah Jenderal Percical dalam tempo seminggu harus menyerah.

Pertempuran Jepang terhadap sekutu di laut

Untuk merebut Jawa yang merupakan pusat kekuatan Hindia Belanda, Jepang membentuk Operasi Gurita. Gurita Barat dari Indo China melalui Kalimantan Utara dengan sasaran Jawa Barat. Sedangkan Gurita Timur dari Filipina melalui Selat Makasar menuju Jawa Tengah/Timur.

Kekuatan Jepang sebagai penyerbu jauh di atas Belanda yang harus bertahan yaitu tujuh divisi dibandingkan dengan satu divisi. Operasi Gurita Barat praktis mulus dan selamat mendarat di Banten dan Eretan (Indramayu).

Sedangkan Gurita Timur harus menghadapi Sekutu dalam pertempuran laut dekat Balikpapan (Kalimantan Timur) dan lebih-lebih di Laut Jawa. Pertempuran Laut Jawa (The Battle of Java Sea) merupakan pertempuran di perairan antara Pulau Bawean, Tuban, dan Rembang yang berlangsung tujuh jam lamanya pada tanggal 27 Februari 1942.

Armada Sekutu di bawah Laksamana Karel Doorman praktis dikuburkan, sebagian kecil dapat menyelamatkan diri terutama oleh lindungan malam. Sebagian dari mereka juga ditenggelamkan oleh torpedo Jepang yang berjaga di selat-selat yang strategis. Jepang pun tanpa kesulitan lagi mendarat di Kragan (Rembang) dekat perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Pertempuran Jepang terhadap sekutu di laut"