Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjajahan spanyol di amerika dan filipina

Penjajahan spanyol di amerika dan filipina 

Bangsa Spanyol sebagai penjajah dan penjelajah dunia, dapat disejajarkan dengan bangsa Portugis. Sebagian besar jajahannya terdapat di Amerika. Daerah jajahan lainnya di Asia adalah Filipina. Penjajahan Spanyol atas Filipina merupakan salah satu contoh bagaimana kolonialisme dilaksanakan oleh imperialisme kuno.

Pemerintah sipil di tangan gubernur jenderal, tetapi yang mencolok ialah pemerintahan yang bersifat agama di bawah seorang Uskup Agung dengan pola gereja Abad Pertengahan. Agama Katolik Roma disebarkan dalam suasana kontra-reformasi yang telah terjadi di Eropa.

Penjajahan spanyol di amerika dan filipina

Gereja dan biara dibangun di beberapa tempat dan daerah pertanian dikuasainya. Sehingga petani-petani pribumi menjadi penyewa tanah gereja. Gereja menyelenggarakan pendidikan yang memudahkan proses pengatolikan daerah itu. Sehingga sampai sekarang mayoritas penduduk Filipina menganut agama Katolik dan berbahasa serta berkebudayaan Spanyol.

Hanya di bagian selatan, yaitu di Mindanao dan Sulu pengaruh mereka tidak kuat. Sebab di daerah itu agama Islam yang berasal dari Malaka telah menyebar lebih dahulu. Penganut agama Islam di daerah itu disebut Moro. Keadaan inilah yang melatarbelakangi daerah Filipina Selatan mau melepaskan diri dari kekuasaan Pemerintah Filipina yang sekarang, yang dilakukan oleh Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF).

Untuk beberapa waktu lamanya Spanyol berhasil menjadikan Manila sebagai pusat perdagangan antara Asia dengan Amerika. Tetapi, sejak Inggris berperan di Asia pada abab ke-19, Spanyol terdesak. Mundurnya kekuasaan Spanyol kemudian digantikan oleh Amerika Serikat yang bisa mengalahkannya dalam peperangan yang singkat.

Amerika Serikat ialah penjajah dengan paham imperialisme modern. Di dalam Perang Dunia II Amerika Serikat terusir oleh Jepang dan menjadi penguasa baru. Sehingga Filipina dalam sejarahnya mengalami tiga macam penjajahan yaitu imperialisme kuno Spanyol (1571 - 1898), imperialisme modern USA (1898 - 1942), dan imperialisme militer Jepang (1942 - 1945).

Baca juga di bawah ini :
Selamat membaca semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membaca artikel yang telah saya tulis di atas, artikel yang saya tulis ini membahas tentang sejarah pada jaman terjadinya penjajahan Spanyol yang sejajar dengan Portugis dan juga sebagai penjelajah dunia.

Post a Comment for "Penjajahan spanyol di amerika dan filipina"