Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjajahan prancis di amerika dan asia

Penjajahan prancis di amerika dan asia 

Koloni Prancis di Amerika terdapat di Canada dan Amerika Serikat. Daerah-daerah tersebut kemudian jatuh ke tangan Inggris. Daerah jajahan lainnya ialah Guyana Prancis dengan ibu kotanya Cayenne. Sebuah jajahan di pulau tersebut yaitu Devils Island (Pulau Setan) dijadikan tempat pembuangan narapidana.

Sedangkan koloni Prancis di Asia terdapat di Indo China. Dengan alasan untuk melindungi warga negaranya, Prancis menyerbu Vietnam dan terjadilah perang (1858 - 1862). Prancis berhasil mengalahkan Vietnam dan ditandatanganilah Perjanjian Saigon (1862) yang berisi tiga hal.

Penjajahan prancis di amerika dan asia

Isi Perjanjian Saigon :

  • Prancis memperoleh Kochin China.
  • Pelabuhan Tourane, Balat, dan Kuang-An dibuka untuk Prancis.
  • Adanya kebebasan beragama Katolik.
Kochin China yang merupakan gudang beras dijadikan pangkalan Prancis di Indo China, sehingga Prancis bis menguasai perekonomiannya. Tahun 1863 Kampucia bisa ditempatkan di bawah naungan Prancis, kemudian disusul dengan pendudukan atas Vietnam Selatan tahun 1867.

Akibat Vietnam berhubungan dengan China, Prancis memerangi Vietnam dan dalam Perjanjian Hue, pihak Vietnam mengakui naungan Prancis atas negerinya (1883). Di dalam perebutan mahkota setelah Kaisar Tu Duc wafat (1883), Prancis mengambil Vietnam sebagai daerahnya dan akhirnya Laos pun dikuasainya 91893) sebagai imbangan kekuatan atas kedudukan Inggris di Myanmar, Singapura, dan Hongkong.

Untuk menghindarkan bentrok dengan Inggris, Kerajaan Siam dijadikan negara penyangga (buffer state) antara daerah Inggris di Myanmar dengan daerah Prancis di Indo China. Prancis menjalankan cultture imperialism di Indo China. 

Culture imperialism dijalankan dengan mengadakan politik asimilasi yang bertujuan agar Indo China menjadi negara jajahan yang berkebudayaan Prancis. Sedangkan modern imperialism dijalankan agar Indo China menjadi sumber industrinya antara lain hasil karet, kayu, dan batu bara, serta menjadikan daerah itu sebagai pasaran untuk hasil industrinya.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Penjajahan prancis di amerika dan asia"