Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjajahan portugis 1483 ke angola

Penjajahan portugis 1483 ke angola 

Bangsa Portugis yang merupakan pelopor penjelajahan dunia menjadi pelopor pula atas penjajahan dunia. Bangsa Portugis memiliki daerah jajahan yang cukup luas di Afrika, yaitu di Angola dan Mozambik. Angola yang terletak di pantai barat Afrika pada mulanya merupakan kerajaan yang bernama Bakongo.

Pada tahun 1483 bangsa Portugis datang pertama kali di Angola. Kemudian, mereka memperoleh kedudukan di kerajaan tersebut dan mulai mengadakan koloni. Antara tahun 1648 - 1836 banyak budak belian diangkut dari Angola ke Brasil untuk dipekerjakan di perkebunan.

Gambar Portugis ke Anggola

Penjajahan portugis 1483 ke angola

Brasil merupakan satu-satunya daerah jajahan Portugis di Benua Amerika. Angola kemudian dijadikan wilayah jajahan Portugis untuk menghindarkan agar daerah itu tidak jatuh ke tangan imperialis Barat lainnya. Angola menghasilkan banyak produksi perkebunan dan pertambangan. Pada tahun 1976 Angola melepaskan diri dari Portugis.

Mozambik merupakan daerah jajahan Portugis di pantai timur Afrika. Pada tahun 1520 bangsa Portugis menguasai pelabuhan-pelabuhan penting yaitu Quelimane, Sofala, dan Mozambik. Dari ketiga kota itu bangsa Portugis menguasai Mozambik dan menyebarkan agama Katolik.

Penjajah Portugis mundur setelah kalah bersaing terhadap Prancis dan Inggris. Pemerintah Portugis terpaksa meninggalkan Mozambik pada tahun 1975 akibat gerakan kemerdekaan penduduk aslinya.

Baca juga di bawah ini : 
Semoga artikel yang telah saya tulis di atas bisa menambah wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan pada jaman sejarah penjajahan perebutan kekuasaan wilayah untuk menguasai negara lain, karena yang saya tulis ini artikel pembahasan sejarah pada jaman penjajahan Portugis termasuk pelopor penjelajah dunia atas penjajahan dunia.

Post a Comment for "Penjajahan portugis 1483 ke angola"