Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Januari 1942 Jepang ke Indonesia

Januari 1942 Jepang ke Indonesia 

Selamat datang berjumpa lagi dengan artikel-artikel yang bersejarah yang akan saya tulis semoga bisa menambahkan pengalaman atau wawasan bagi teman-teman yang sudah menyempatkan diri untuk berkunjung di sini terutama bagi para pelajar, langsung baca di bawah ini artikel pembahasan sejarah kedatangan Jepang di Indonesia.

Negara Indonesia bagi Jepang merupakan daerah yang sangat potensial. Oleh karena itu tanahnya yang subur, kandungan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia juga sangat banyak dan beraneka ragam. Jumlah penduduknya yang besar pun sangat baik untuk dimanfaatkan dalam menggapai kemenangan di dalam menghadapi Sekutu.

Gambar Tentara Jepang

Jepang di Indonesia

Pada bulan Januari 1942, negara Jepang telah memulai untuk melaksanakan penyerbuan ke Indonesia melewati jalur utara. Pada bulan itu pula, dua kota minyak terpenting di Kalimantan, yaitu Tarakan dan Balikpapan telah berhasil dikuasai oleh Jepang.

Dari Utara Jepang telah melanjutkan serangannya ke Selatan untuk menghancurkan armada gabungan Sekutu di Laut Jawa. Usaha ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Benteng pertahanan Sekutu di Laut Jawa akhirnya berhasil diruntuhkan.

Dengan hancurnya benteng pertahanan Sekutu di Laut Jawa berarti telah terbuka pintu bagi Jepang untuk menguasai pusat pertahanan Sekutu di Pulau Jawa. Adapun kekuatan Sekutu di Jawa pada saat itu terdiri atas gabungan pasukan Belanda, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, di bawah komando Letnan Jenderal H. Ter Poorten yang berkedudukan di Bandung.

Untuk merebut Kota Bandung, terlebih dulu Jepang merebut Subang dan Pangkalan Udara Kali Jati. Dari dua tempat ini negara Jepang terus bergerak melancarkan serangan ke jantung pertahanan Belanda di Bandung dan di Pegunungan Priangan Jawa Barat.

Upaya ini telah berhasil dengan baik dan gemilang, sia-sia kekuatan pasukan Belanda melarikan diri ke Lembang. Dengan jatuhnya jantung pertahanan Belanda ke tangan Jepang berarti berakhirlah pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.

Kekuasaan atas Indonesia beralih ke tangan Jepang, pergantian kekuasaan ini secara resmi telah berlangsung di Kali Jati pada tanggal 8 Maret 1942. Dalam acara serah terima tersebut, pihak Belanda telah diwakili oleh Letnan Jenderal Hitosyi Imamura.

Baca juga di bawah ini :

Semoga artikel di atas bisa menambah ilmu pengetahuan bagi teman-teman yang telah membacanya karena artikel diatas pembahasan tentang sejarah kedatangan negara Jepang ke Indonesia setelah menundukkan Belanda yang sudah berkuasa lebih dulu.

Post a Comment for "Januari 1942 Jepang ke Indonesia"