Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akibat revolusi industri bidang budaya

Akibat revolusi industri bidang budaya - Pengaruh Revolusi Industri dalam bidang budaya adalah sebagai berikut ini :

a. Timbulnya Budaya Kapitalis.

Budaya kapitalis merupakan budaya yang disenangi kaum kapitalis dengan mempergunakan hasil industri sebanyak mungkin melalui corak yang paling modern. Misalnya, pada zaman feodal kereta kuda merupakan budaya kaum feodal, pada zaman kapitalis orang lebih menyenangi mobil sebagai produk industri baru.

b. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan.

Ilmu pengetahuan, mendukung Revolusi Industri untuk berkembang pesat sejalan dengan majunya industri. Timbul golongan cerdik pandai (scienties) yang dapat memacu berkembangnya industri. Majunya ilmu pengetahuan pada masa sepuluh tahun terakhir sama hasilnya dengan pengetahuan dalam satu abad pada masa agraria berkembang.

Banyak negara mendirikan lembaga ilmu pengetahuan demi kesejahteraan rakyatnya, di dalamnya para pakar melakukan penyelidikan ataupun percobaan untuk memperoleh penemuan baru.

Akibat revolusi industri bidang budaya

c. Majunya Teknologi.

Sejalan dengan majunya ilmu pengetahuan, berkembang pula teknologi. Pada akhir abad ke-20 yang menonjol ialah teknologi elektronik dan teknologi biologi. Dengan teknologi elektronik kebutuhan manusia secara material makin banyak dipenuhi, seperti radio, televisi, dan telepon, sehingga hidup manusia main enak.

Sedangkan dengan teknologi biologi manusia berusaha memenuhi kebutuhan akan makanan. Pertanian dan peternakan berkembang pesat, sehingga produksi makin banyak dan dapat mencukupi kebutuhan manusia.

Secara umum manusia banyak memperoleh keuntungan dari Revolusi Industri. Sementara itu terjadi juga akibat-akibat buruknya. Misalnya, dengan ketemukannya pesawat terbang, sudah ribuan manusia yang menjadi korban akibat jatuhnya pesawat terbang, sudah jutaan manusia mati akibat tertabrak mobil. Semuanya merupakan resiko karena manusia mau maju dan hidup lebih baik sejahtera.

Baca selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Akibat revolusi industri bidang budaya"