Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan industri di USA

Perkembangan industri di USA 

Industri USA berkembang sangat pesat, karena masih kekurangan tenaga pekerja, pada akhir abad ke-19 USA membuka pintu untuk emigran dari Eropa. Banyak emigran masuk dari Eropa Selatan dan Timur seperti Italia, Polandia, dan Rusia. Tenaga-tenaga mereka umumnya kurang terdidik (unsklilled labour), sehingga gajinya rendah.

Hal itu mudah menimbulkan kekacauan antara lain berupa pembunuhan terhadap Presiden Mac Kinley tahun 1901. Setelah itu diadakan pembatasan terhadap masuknya emigran ke USA. Perluasan industri USA dengan tuntutan upah yang tinggi dari kaum buruh mendorong untuk mempergunakan cara yang efisien. Ada beberapa cara yang dipergunakan untuk mencapainya.

Perkembangan industri di USA

Cara-cara tersebut ialah sebagai berikut :

  • Memperbesar produktivitas perorangan dengan jalan memberikan kesejahteraan sosial yang cukup.
  • Mengadakan penyelidikan kerja yang disebut time and motion study. Dengan demikian berkembanglah pengetahuan managemen ilmiah (scientific management) yang dipelopori oleh seorang industrialis bernama Frederik Winslow Taylor (1856 - 1915) dengan karyanya berjudul The Principles of the Scientific Management.
  • Melakukan normalisasi dalam semua sektor. Normalisasi ialah membuat peralatan dengan ukuran-ukuran yang distandardkan, misalnya dipergunakan ukuran tertentu dalam pembuatan baut dan besarnya pipa, sehingga dapat dipergunakan untuk macam-macam keperluan.
  • Dengan spesialis dan diferensiasi kerja, kaum buruh memperoleh keahlian khusus, sehingga kerja mereka sangat efektif.

Revolusi Industri II yang dialami oleh banyak negara terutama USA, mendorong terjadinya kerja sama dalam lapangan perusahaan, karena risiko yang terlalu besar jika dipikul sendiri oleh pengusaha perorangan dan perseroan terbatas (PT) sebagai salah satu bentuk usaha lama tidak mampu lagi menampung kegiatan usaha yang semakin besar serta persaingan yang keras. Hal itu diatasi dengan mengadakan konsentrasi-konsentrasi yang mengatur kegiatan usaha modern seperti kartel, sindikat, trust, holding company, dan corcern.

Baca juga di bawah ini :

Semoga sedikitnya artikel yang saya tulis di atas bisa menambah wawasan pengalaman tentang ilmu pengetahuan sejarah pada jaman perkembangan industri di Amerika Serikat (USA). Selamat membaca semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung di artikel kami.

Post a Comment for "Perkembangan industri di USA"