Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Usul Nama Negara Jepang (Nihon)

Asal Usul Nama Negara Jepang (Nihon) 

Jepang disebut juga Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang. Kedua kata itu ditulis dengan huruf kanji yang sama, yaitu 日本 (secara harfiah: asal-mula matahari). Sebutan Nippon sering juga digunakan dalam urusan resmi, termasuk nama negara dalam uang Jepang, prangko, dan pertandingan olahraga internasional.

Kata Nippon dan Nihon berarti "negara atau negeri matahari terbit". Nama ini disebut dalam korespondensi Kekaisaran Jepang dengan Dinasti Sui di Tiongkok, dan merujuk kepada letak Jepang yang berada di sebelah timur daratan Tiongkok. Sebelum Jepang memiliki hubungan dengan Tiongkok, negara ini dikenal sebagai Yamato (大和). Di Tiongkok pada zaman Tiga Negara, Jepang juga bernama negara Wa (倭).

PETA JEPANG


Dalam bahasa Tionghoa dialek Shanghai yang termasuk salah satu dialek Wu, aksara Tionghoa 日本 dibaca sebagai Zeppen ([zəʔpən]). Dalam dialek Wu, aksara 日 secara tidak resmi dibaca sebagai [niʔ] sementara secara resmi dibaca sebagai. Dalam beberapa dialek Wu Selatan, 日本 dibaca sebagai [niʔpən] yang mirip dengan nama dalam bahasa Jepang.

Kata Jepang di dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Tionghoa, tepatnya bahasa Tionghoa dialek Wu tersebut. Bahasa Melayu kuno juga menyebut negara ini sebagai Jepang (namun ejaan bahasa Malaysia sekarang: Jepun). 

Kata Jepang dalam bahasa Melayu ini kemudian dibawa ke Dunia Barat oleh pedagang Portugis, yang mengenal sebutan ini ketika berada di Malaka pada abad ke-16. Mereka lah yang pertama kali memperkenalkan nama bahasa Melayu tersebut ke Eropa. Dokumen tertua dalam bahasa Inggris yang menyebut tentang Jepang ialah sepucuk surat dari tahun 1565, yang di dalamnya bertuliskan kata Giapan.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Asal Usul Nama Negara Jepang (Nihon)"