Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Darma Batara Pengasuh Prabu Puntadewa

Darma Batara Pengasuh Prabu Puntadewa 

Darma Batara atau Batara Darma adalah seorang dewanya pengorbanan (lelabuhan) kesatria yang menjadi asuhannya adalah Prabu Puntadewa raja Amarta, batara Darma selalu melindungi pada pihak kebenaran ‘ terbukti ketika Dewi Drupadi mau ditelanjangi oleh Dursasana dalam Lakon Pandawa main Dadu, Batara Darmalah yang melindunginya dengan selalu melapisi kain pembalut badan Dewi Wara Drupadi.

Darma Batara


Darma Batara

Setelah itu,menjelang berakhirnya masa pembuangan Pandawa di hutan Kamiyaka, Batara Darma datang menguji rasa keadilan Puntadewa, anaknya. Dewa itu menyamar sebagai raja gandarwa dan membunuh adik-adik Puntadewa satu persatu.

Ia lalu mengajukan berbagai pertanyaan ujian pada Puntadewa yang ternyata dijawab dengan sangat memuaskan. Ketika Puntadewa disuruh memilih mana diantara adik-adiknya yang akan dihidupkan kembali, Puntadewa pun menjawab dengan pertimbangan keadilan yang matang.

Karena jawaban Puntadewa yang memuaskan ini, raja gandarwa lalu berubah ujud menjadi Batara Darma, dan keempat adik Puntadewa dihidupkan kembali. Dialah yang juga menyampaikan dan menurunkan Wahyu Pancadarma.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Darma Batara Pengasuh Prabu Puntadewa"