Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Akibat Perang Salib Dalam Sejarah Dunia

Dampak Akibat Perang Salib Dalam Sejarah Dunia - Perang Salib menimbulkan beberapa akibat penting dalam sejarah dunia Perang Salib membawa Eropa ke dalam kontak langsung dengan dunia muslim dan terjalinnya hubungan antara timur dan barat. 

Kontak ini menimbulkan saling tukar pikiran antara kedua belah pihak. Pengetahuan orang timur yang progresif dan maju memberi daya dorong besar bagi pertumbuhan intelektual Eropa Barat. Hal ini melahirkan suatu bagian penting dalam menumbuhkan Renaisans di Eropa.

Dampak Akibat Perang Salib Dalam Sejarah Dunia

Keuntungan Perang Salib bagi Eropa adalah menambah lapangan perdagangan, mempelajari kesenian, dan penemuan penting, seperti kompas pelaut, kincir angin, dan sebagainya dari orang Islam. 

Mereka juga dapat mengetahui cara bertani yang maju dan mempelajari kehidupan induntri timur yang lebih berkembang. Ketika kembali ke Eropa, mereka mendirikan sebuah pasar khusus untuk barang-barang timur. Orang barat mulai menyadari kebutuhan akan barang-barang timur, dan karena kepentingan ini perdagangan antara timur dan barat menjadi lebih berkembang. 

Baca juga selanjutnya di bawah ini

Kegiatan perdagangan tersebut lebih mengarah pada perkembangan kegiatan maritim di Laut Tengah, Orang-orang Islam yang pernah menguasai Laut Tengah kehilangan kekuasaan, sementara orang Eropa bebas menggunakan jalan laut melalui Laut Tengah tersebut.