Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (perjuangan)

Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (perjuangan) 

Tatkala bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 mengadakan Proklamasi Kemerdekaan, maka pada hakekatnya bangsa kita bukanlah hanya memproklamasikan satu Negara Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat penuh. Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah puncak perjuangan kita yang telah berlangsung berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus tahun untuk membangun persatuan dan merebut kemerdekaan dari tangan imperialisme.

Persatuan adalah kekuatan kita. Akan tetapi bangsa kita mencintai persatuan bukanlah karena itu saja. Kita cinta persatuan, ialah oleh karena persatuan adalah inti jiwa kita, inti roh bangsa Indonesia, yang merosot oleh karena kolonialisme, tetapi kita bangunkan kembali terutama sejak Gerakan Nasional kita.

Gambar Bung Karno Proklamasi Kemerdekaan

Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (perjuangan)

Pada tanggal yang keramat itu kita proklamirkan kepribadian kita itu, yang diobrak-abrik oleh penjajahan. Tidak hanya kepribadian kita dilapangan persatuan, tetapi kepribadian kita disegala lapangan. Kita bertekat kembali kepada kepribadian kita dilapangan ketatanegaraan, dilapangan kebudayaan, dilapangan perekonomian, dst.

Karena itulah kita menyatakan kemerdekaan, memotong semua ikatan kolonial, sebab ini adalah syarat mutlak untuk kembali kepribadian kita. Lebih dalam lagi, pada tanggal 17 Agustus 1945 kita memproklamirkan satu ide, satu gelof bangsa kita, satu perasaan dari bangsa kita yang terlukis dalam Pancasila, intisari peradaban kita sejak dua ribu tahun yang lalu.

Demikianlah hakekat Proklamasi 17 Agustus 1945 yang harus menjadi inspirasi bagi kita sekarang, agar supaya kita lebih keras lagi berjuang melaksanakan segala cita-cita bangsa kita. Revolusi kita hanya bisa selamat dan sampai kepada tujuannya jika kita kalau setia kepada Proklamasi 17 Agustus 1945, setia kepada Pancasila.

Kesetiaan kepada ide inilah, kepada cita-cita, kepada Jiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 yang merupakan senjata kita. (Bacalah terutama arti dasar Proklamasi Kemerdekaan Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dalam pidato Presiden tanggal 17 Agustus 1958).

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (perjuangan)"